Update Terbaru Gempa Dahsyat Maroko: 1.000 Orang Lebih Tewas

Foto: Pemandangan puing-puing pasca gempa bumi di Marrakesh, Maroko 9 September 2023 dalam tangkapan layar video media sosial dalam gambar ini. (Al Maghribi Al Youm via REUTERS/AL MAGHRIBI AL YOUM)


Jakarta, - Kementerian Dalam Negeri Maroko melaporkan pada Sabtu malam (9/9/2023), gempa bumi dahsyat telah menewaskan setidaknya lebih dari 1.000 orang atau tepatnya 1.037 orang dan korban luka-luka berjumlah 672 orang.

Gempa bumi di Maroko ini dinilai yang paling mematikan di negara itu dalam lebih dari enam dekade. Gempa bumi ini merobohkan rumah-rumah di desa-desa pegunungan terpencil tempat tim penyelamat menggali puing-puing untuk mencari korban selamat.

Gempa terjadi di pegunungan High Atlas di Maroko pada Jumat malam, merusak bangunan bersejarah di Marrakesh, kota terdekat dengan pusat gempa. Sementara daerah yang terkena dampak paling parah berada di pegunungan di dekatnya.

Menurut Survei Geologi AS, gempa bumi berkekuatan 6,8 skala Richter dengan pusat gempa sekitar 72 km (45 mil) barat daya Marrakesh.

Di desa Amizmiz dekat pusat gempa, petugas penyelamat menggali puing-puing dengan tangan kosong. "Saya merasakan di bawah kaki saya bumi berguncang dan rumah menjadi miring. Kemudian saya bergegas mengeluarkan anak-anak saya. Namun tetangga saya tidak bisa," kata Mohamed Azaw salah seorang penyintas gempa bumi tersebut, dikutip Reuters, Minggu (10/9/2023).

Sayangnya, kata Mohamed Azawm tidak ada seorang pun yang ditemukan hidup di keluarga itu. Ayah dan anak laki-lakinya ditemukan tewas dan mereka masih mencari ibu dan putrinya.

Sekitar 20 pria termasuk petugas pemadam kebakaran dan tentara berseragam berdiri di atas reruntuhan sebuah rumah di Amizmiz ketika mereka mencoba menghilangkan puing-puing, serpihan karpet dan furnitur yang menonjol dari celah di antara lantai beton yang dilapisi pancake.

Televisi Spanyol RTVE melaporkan, gempa yang terjadi sekitar pukul 23.00 WIB. (2200 GMT), mempengaruhi wilayah pegunungan High Atlas. Getaran dirasakan hingga Huelva dan Jaen di Andalusia di Spanyol Selatan.


Source: CNBC Indonesia.com







 

Belum ada Komentar untuk "Update Terbaru Gempa Dahsyat Maroko: 1.000 Orang Lebih Tewas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel